Bidang Keahlian | : | Teknologi Informasi |
Program Keahlian | : | Pengembangan Perangkat Lunak & Gim |
Konsentrasi Keahlian | : | Rekayasa Perangkat Lunak |
Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim adalah program keahlian yang berfokus pada penguasaan keahlian pengembangan perangkat lunak dan teknologi game yang dilengkapi dengan kemampuan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta User Experience (UX) dalam proses desain sebagai penerapan prinsip customer oriented.
Program keahlian ini membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang meliputi wawasan di bidang pengembangan perangkat lunak, gim, dan pemrograman yang berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah- langkah solusi mengatasi masalah sebagai implementasi customer oriented..
Pada program keahlian pengembangan perangkat lunak dan gim pembelajaran dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep dan nilai nilai baru secara mandiri serta memahami dan menerapkan aspek digital consumer behaviour. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain Project-Based Learning, Teaching Factory, Discovery-Based Learning, Problem-Based Learning, Inquiry-Based Learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.
Pembelajarannya membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam mengembangkan produk-produk yang memegang prinsip kebhinekaan global dan menemukan solusi permasalahan kehidupan.
Mata pelajaran pada program keahlian pengembangan perangkat lunak dan gim bertujuan membekali peserta didik dengan dasar dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai berikut:
- Memahami proses bisnis di bidang industri Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim;
- Mampu mengembangkan wawasan tentang perkembangan teknologi dan isu-isu global bidang Perangkat Lunak dan Gim;
- Memahami profesi dan kewirausahan (job profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di bidang industri Perangkat Lunak dan Gim;
- Memahami lingkup kerja bidang Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim;
- Memahami pemrograman terstruktur dan pemrograman berorientasi obyek;
- Mengaplikasikan pemrograman web dan perangkat bergerak;
- Membuat aplikasi web atau android.
Pada hakikatnya mata pelajaran pada program keahlian pengembangan perangkat lunak dan gim berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga pengembang IT, programmer, database administrator, web engineer (merancang dan membangun website), game developer (mengembangkan perangkat lunak multimedia gim) dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi. Pengembangan soft skills pada mata pelajaran ini sangat penting sebagai pembekalan dasar di dalam membangun etos kerja, meliputi komunikasi, critical thinking, kolaborasi, dan kreativitas. Mata pelajaran ini membangun soft skills yang menjadi pondasi dalam pengembangan hard skills seperti pemodelan, implementasi, dokumentasi serta testing perangkat lunak.
Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus dari program keahlian di Satuan Pendidikan, dan konsentrasi yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui:
- Pembelajaran di kelas;
- Pembelajaran di studio/bengkel/lab;
- Projek sederhana;
- Berinteraksi dengan alumni atau praktisi industri;
- Berkunjung pada industri yang relevan;
- Pencarian informasi melalui media digital.
Tahap ini membutuhkan porsi dominan (sekitar 75%) untuk pengembangan soft skills pada pembelajaran sebelum mempelajari aspek hard skills sebagaimana tercantum pada elemen mata pelajaran.
Apa saja yang dipelajari di SMK Jurusan RPL?
RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.
Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
- Algoritma
- Pemrograman
- Desain
- Sistem Komputer
- Jaringan dasar
- PBO
- Web
- Data Base
- Android Development
- Sofware Analys
Jurusan RPL kerja apa?
Banyak yang tanya jurusan RPL itu nanti kalau lulus bisa kerja apa? apa saja lowongan kerja lulusan SMK jurusan RPL. Berikut daftar peluang kerja jurusan RPL:
- Konfersi PSD ke wordpress
- Developer IT
- IT Colsultant
- System Analyst dan Sistem Integrator
- Database enginner/Data base administrator
- WEB enginner
- Computer network/data communication enginner
- Game developer
- Intelegent system developer
- Software Tester